| Home | About Me | Download Video YouTube |
| Join my Forum |


Welcome To Mas Izzat's Blog


Sunday, January 4, 2009

Buat Website Sendiri Yuk....

Akhirnya, ujian sekolah selesai juga. Capek tiap hari belajar terus. Untuk mengusir kepenatan itu enaknya ya Nge-Net aja. (^_^). Pertama, seperti biasa cek dulu Blog nya, tentunya Blog ini yang aku maksud. Terus Friendster, Yahoo, Plasa, dll. Bosen juga tiap kali Nge-Net ngurusin itu terus, akhirnya aku punya ide kenapa ga buat Website beneran aja. Walaupun memanfaatkan yang gratis-gratis. (^_^).

Setelah tanya ama Mbah Google, ketemu situs Fileave.com. Situs ini menawarkan penyimpanan data yang guna nya tidak buat di Download, akan tetapi di buka datanya. Bingung ?? Misal kita punya gambar, tapi gambar itu ingin kita pasang misalnya di Blog atau Friendster atau apalah gitu, kan kita cuma butuh gambarnya nampang aja kan ?? Bukannya link buat Download, sebut aja misalnya 4shared.

Oke.. Ayo kita buat Website Kita Sendiri !!!!

Perhatian :
- Sebelum membaca postingan ini diharap sudah membuat file HTML
Website
- Saya tidak akan menjelaskan bagaimana cara membuat file HTML dari
awal karena di situs lain sudah banyak tutorialnya.

1. Daftar ke Fileave.com


Hal pertama yang dilakukan adalah masuk ke alamat http://www.fileave.com/. Lalu akan muncul gambar seperti dibawah ini...



Trus yang kita lakukan selanjutnya adalah menekan "Sign Up" (pada bagian yang di lingkari warna biru). Setelah kita klik, kita akan dihadirkan halaman yang seperti ini.




Nah, kalian isi deh data diri kalian. Setelah terisi semua Klik "Sign Up Now!". Berbeda dengan Website penyedia jasa lainnya di Internet, Fileave tidak membutuhkan verifikasi e-mail anda. Jadi setelah meng-klik "Sign Up Now!", kita langsung dihadapkan ke jendela seperti berikut :


Kalian masukkan Username sama Passwordnya. Terus tekan "Log In". Bener-bener simple ya. (^_^). Sekarang kita udah masuk jadi member nya Fileave.


2. Upload File HTML


Setelah kita mendaftarkan diri, kita upload file HTML yang sudah kita buat tadi (sesuai tulisan di atas, saya harap anda sudah membuat file HTML yang akan kita jadi Webpage kita nanti). Bila kalian sudah mencapai tahap ini, mungkin kalian akan disuguhi halaman seperti ini..



Lalu kita Klik "Click here to view your files" atau pada bagian yang dilingkari dengan warna merah itu. Setelah di-klik akan mencul jendela seperti ini..



Lalu klik "Upload files" atau bagian yang dilingkari dengan warna pink. Setelah itu akan muncul lagi seperti ini..



Disini kita tinggal tekan "Browse" terus pilih satu persatu file HTML kita. Sekalian gambarnya juga. Kalau slot Upload nya kurang ya filenya di Upload gantian. Slot nya emang ada 10. Jadi sabar ya (^_^). Setelah dipilih terus klik "Upload". Habis itu kalau sudah selesai semua, klik "Return to My Files". Tombolnya deket "Upload".


3. Hosting Your Page


Akhir sudah sampai langkah ketiga. Langkah ketiga kita adalah menghosting URL kita ke penyedia URL Forwading gratisan. Misalnya http://www.co.cc/. URL yang kita akan "Redirect" (artinya sama seperti Forwading) nantinya adalah URL HTML yang tadi barusan di Upload. Misal seperti ini.



Maksudnya URL HTML kita itu yang ini..



URL ini kalian masukkan ke URL Forwading milik Website penyedia URL Forwading yang kalian pilih.

4. Finish

Akhirnya selesai juga Website hasil jerih payah kita. Keringat kita. Darah daging kita sendiri. (Lho ko jadi baca puisi..^_^).


Untuk melihat contoh buatan ku masuk aja ke alamat http://www.masizzatsite.co.cc/ . Oke ??(^_^)



~ Tambahan :


Di Fileave, kalau kita ga usah repot-repot harus download file HTML untuk diedit lagi. Akan tetapi langsung tekan Edit. Misal :



Tombol "Edit" itu letaknya di bagian yang dilingkari warna merah. Jadi kalau kalian pengen ng-edit HTML kalian,tinggal tekan aja tombol itu. Beres kan ??


1 comment:

be4rt said...

bung tma kasih banyak......3 hari saya ga' tidur gara2 bodoh gak isa apa2 dan buka blog bung 1 jam lepaslah yg slama ini bikin aku benci sama orang2 sombong.
1x lg trimakasih banyak 100 cendol dah.....
be4rt.co.cc
be4rt.blogspot.com

berkat bung.....

yourtattoo@live.com